Scroll untuk baca artikel
RegionalTeknologi

Telkom Banten Perkuat Layanan Digital Berbasis Data di Pemkot Cilegon

Avatar photo
×

Telkom Banten Perkuat Layanan Digital Berbasis Data di Pemkot Cilegon

Sebarkan artikel ini
Telkom Banten Perkuat Layanan Digital Berbasis Data di Pemkot Cilegon
Tim Telkom Banten bersama Wali Kota Cilegon, Robinsar sepakat untuk memperkuat layanan digital di Pemkot Cilegon, Jumat (25/4/2025).

CILEGON, REDAKSI24.CO.ID – Dalam rangka mendorong percepatan transformasi digital di sektor pemerintahan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui Telkom Witel Banten menjalin kolaborasi strategis dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui program Witel Goes to Pemkot Cilegon, Jumat (25/4/2025).

Pertemuan berlangsung di Kantor Wali Kota Cilegon dan difokuskan pada pembahasan integrasi layanan pengaduan masyarakat berbasis teknologi serta analisis kebutuhan tenaga kerja dengan dukungan kecerdasan buatan (AI).

Advertising
Scroll kebawah untuk Baca Berita

Rapat yang dipimpin Kepala Bappeda Cilegon ini dihadiri Wali Kota Cilegon, Robinsar, pejabat Dinas Kominfo, perwakilan BAPPEDA, General Manager (GM) Witel Banten R Adam Widodo, dan Tim Digital Business & Technology (DBT) Telkom.

BACA JUGA: Pemkab Pandeglang Ajak Telkom Optimalkan PAD Berbasis Teknologi IoT

Dalam pertemuan itu, Telkom mengusulkan pengembangan sistem pelaporan otomatis yang akan diintegrasikan dengan Super Apps Cilegon Juara. Sistem ini dirancang untuk memungkinkan warga melaporkan keluhan atau aduan secara langsung dan mendapatkan respons secara real-time, sekaligus meningkatkan efisiensi penanganan oleh instansi terkait.

Inovasi lain yang dibahas adalah penerapan chatbot berbasis Natural Language Processing (NLP), yang memungkinkan klasifikasi otomatis terhadap berbagai jenis pengaduan publik.

Selain itu, Telkom menawarkan pemanfaatan dashboard analitik yang dapat mengolah data ketenagakerjaan dari Disnakertrans, SMA/SMK, hingga perguruan tinggi lokal.

Sistem ini ditujukan untuk menyelaraskan antara ketersediaan pencari kerja dan kebutuhan sektor industri di wilayah Cilegon, guna meningkatkan efektivitas dan presisi penyerapan tenaga kerja lokal.

GM Witel Banten, R Adam Widodo menegaskan, transformasi digital bukan sekadar slogan, tetapi kebutuhan nyata untuk menjawab tantangan zaman.

“Kami percaya bahwa teknologi harus menjadi alat untuk memudahkan hidup masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah,” ujar Adam.

BACA JUGA: China Unicom Gandeng Telkom Siapkan Layanan Digital Kelas Dunia

Melalui kolaborasi ini, kata R Adam, pihaknya ingin memastikan bahwa Pemkot Cilegon memiliki solusi digital yang realistis dan terimplementasi dengan baik, bukan sekadar wacana.

Adam juga menambahkan bahwa Telkom hadir tidak hanya sebagai penyedia layanan, tetapi sebagai mitra strategis dalam pembangunan daerah.

“Kami hadir untuk mendengarkan kebutuhan pemerintah daerah dan masyarakat. Layanan seperti dashboard ketenagakerjaan dan chatbot pengaduan masyarakat kami desain berdasarkan kebutuhan riil di lapangan,” jelasnya.

Tujuannya, lanjut R Adam, agar Pemkot Cilegon bisa mengambil kebijakan berbasis data yang akurat, sekaligus mempercepat respons publik terhadap berbagai aduan.

Kolaborasi ini menjadi langkah konkret Pemkot Cilegon dalam membangun pemerintahan yang berbasis data dan teknologi. Dengan dukungan infrastruktur digital dan solusi dari Telkom, Pemkot Cilegon diharapkan mampu menghadirkan layanan publik yang lebih responsif, transparan, dan efisien.

Lebih dari itu, sinergi ini juga diharapkan mampu menciptakan ekosistem ketenagakerjaan yang adaptif terhadap dinamika industri 4.0 dan kebutuhan masa depan.(Dif)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *