KOTA SERANG, REDAKSI24.CO.ID – Jajaran Manajemen Telkom Banten, menggelar kunjungan ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten di Kota Serang, Rabu (11/9/2024).
Kunjungan yang dipimpin General Manager (GM) Telkom Banten, R Adam Widodo ini, bertujuan untuk memperkuat kemitraan antara Telkom dengan instansi pemerintah.
Kemitraan itu khususnya dalam menyediakan solusi dan layanan telekomunikasi yang mendukung transformasi digital di sektor publik seiring dengan program visit Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2024.
BACA JUGA: Telkom Regional 2 Serap Aspirasi Kebutuhan Pelanggan di Banten
Rombongan Telkom Banten disambut Kepala Bapenda Banten, Deni Hermawan yang didampingi sejumlah pejabat Bapenda seperti Sekretaris Bapenda, Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi dan Elektronik (PSIE) dan Kasubag Umum, dan Kepegawaian.
Sedangkan Tim Telkom terdiri dari GM Telkom Banten Adam Widodo yang didampingi Manager Government Service (GS) Telkom Banten, Agus Basuni, Account Manager (AM), Titis, Engineer on Site (EOS) Bambang, dan Digital Marketing Operational (DMO), Ari.
Pertemuan membahas berbagai isu strategis pada pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di lingkungan Bapenda.
Salah satu topik utama pembuatan solusi dual homing sistem redundansi jaringan yang bertujuan untuk meningkatkan keandalan layanan internet dan telekomunikasi.
Solusi ini akan menjamin kelancaran operasional Bapenda, terutama dalam pengelolaan data yang menjadi tulang punggung pelayanan publik di bidang pendapatan daerah.
BACA JUGA: Telkom Digitalisasi Bisnis Logistik dan Transportasi Lewat Indibiz Ekspedisi
Selain itu, GM Telkom Banten juga menyampaikan pentingnya monitoring layanan secara berkala untuk memastikan kualitas layanan tetap terjaga dan bisa segera ditangani bila terjadi gangguan.
“Dengan pengawasan ketat, potensi downtime dapat diminimalkan, yang sangat penting bagi Bapenda dalam menjalankan tugas-tugas pengelolaan pendapatan daerah secara optimal,” kata R Adam Widodo.
Inisiatif strategis lain yang ditawarkan dalam pertemuan itu adalah data center. Telkom, melalui anak usahanya Telkomsigma, memiliki kapabilitas dalam penyediaan data center berstandar internasional yang dapat mendukung digitalisasi layanan publik di lingkungan pemerintahan.
Data center ini diharapkan dapat membantu Bapenda dalam mengelola dan mengamankan data secara lebih efisien dan aman, seiring meningkatnya kebutuhan akan pengelolaan data besar (big data) di sektor publik.
Kolaborasi antara Telkom Banten dan Bapenda Provinsi Banten ini, mencerminkan semangat akselerasi transformasi digital di lingkungan pemerintahan.
BACA JUGA: Kepala Dinas Kominfo Kota Tangsel Apresiasi Layanan Telkom
Kepala Bapenda Banten, Deni Hermawan menekankan digitalisasi bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan akan pelayanan publik yang cepat, efisien, dan transparan.
Melalui solusi teknologi yang ditawarkan, Telkom berharap dapat mendukung tercapainya visi pemerintah daerah dalam menerapkan sistem digital yang lebih baik dan andal.
Salah satu manfaat utama dari digitalisasi di sektor pemerintahan adalah peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pendapatan daerah.
Dengan pemanfaatan teknologi yang lebih canggih, pengelolaan data keuangan, pajak, dan pendapatan lainnya dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat, serta meminimalkan potensi kesalahan atau penyalahgunaan.
Telkom Banten juga berkomitmen untuk terus memberikan dukungan teknis bagi pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di Bapenda. Hal ini termasuk pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan sistem baru yang diterapkan, serta penyediaan layanan purna jual guna memastikan semua kebutuhan pelanggan terpenuhi dengan baik.(Dif)