BANDARA SOEKARNO HATTA, REDAKSI24.CO.ID– Indonesia National Air Carriers Association (INACA) sebagai asosiasi yang menaungi maskapai-maskapai nasional menetapkan tiga bandara terbaik di lingkungan PT Angkasa Pura II berdasarkan penilaian kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI) 2023.
Tiga yang terbaik itu adalah Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Banten), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dan Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu).
Penilaian CSI 2023 itu berdasarkan 5 aspek, yaitu perspektif penumpang; kru kokpit pesawat; station manager maskapai; konsesioner; dan stakeholder di angkutan kargo.
BACA JUGA: Kasus Pemerasan Yang Dilakukan Oknum BP2MI di Bandara Soetta Diusut Kejari Tangerang
Apresiasi untuk ketiga bandara tersebut diberikan saat ajang INACA Festival 2023 yang digelar pada 4 November 2023 untuk memperingati HUT ke-53 INACA.
VP of Corporate Communications AP II, Cin Asmoro mengatakan apresiasi dari INACA menjadi pemacu seluruh bandara di lingkungan AP II untuk secara berkelanjutan meningkatkan standar pelayanan bagi seluruh stakeholder.
BACA JUGA: Pemprov Banten Promosikan Budaya ke Tingkat Internasional Via Bandara Soekarno Hatta
“Perspektif yang dinilai dari CSI 2023 ini cukup lengkap, mulai dari penumpang, maskapai dan stakeholder lain di bandara. Melalui ajang ini, INACA turut mendorong peningkatan standar layanan di bandara-bandara AP II ke depannya,” ujar Cin Asmoro melalui rilis resminya, Rabu (8/11/2023)
Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan standar pelayanan dan fasilitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta secara konsisten terus ditingkatkan.
BACA JUGA: Bandara Soekarno Hatta Gelar Pameran Modifikasi Mobil T3AM di Plaza Domestic Terminal 3
“Sebagai pintu gerbang dan representatif negara, Bandara Internasional Soekarno-Hatta terus berupaya meningkatkan standar pelayanan. Berbagai fasilitas terus kami hadirkan, fasilitas terbaru berbasis teknologi dan digital yakni aplikasi Travelin, dimana penumpang pesawat tidak perlu lagi menunjukan data diri secara fisik, sekarang hanya dengan menunjukkan wajah di security check point saat menuju boarding lounge dengan menggunakan fitur Travelinepass penumpang bisa dengan mudah dan praktis saat memproses keberangkatan. Caranya, penumpang bisa terlebih dahulu mengunduh aplikasi Travelin dan membuat Airport ID,” jelasnya.
Lebih jauh Dwi mengatakan,
Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebelumnya juga mendapat capain Airport Service Quality (ASQ) dari Airport Council International (ACI), yakni 4.98 dari nilai target 4.9 pada tahun 2022. (Han)